Note : Kunjungi juga channel youtube saya ... Get now!

Cara Membuat Daftar Isi Pada Postingan Blogger

cara membuat daftar isi pada postingan

1. Apa itu daftar isi postingan ?

Daftar isi postingan adalah daftar link yang (umumnya) ditempatkan di bagian awal postingan yang mengarah ke bagian-bagian atau poin pembahasan tertentu. Untuk contoh, lihat DEMO daftar isi.

Selain akan memudahkan pembaca dalam menjelajahi dan memahami poin-poin dalam postingan, pembuatan daftar isi pada postingan juga akan meningkatkan daya tarik awal kepada pembaca. Ya, dengan menampilkan poin-poin penting pada daftar isi, pembaca dapat dengan mudah mengetahui hal apa saja yang akan dibahas di dalam postingan tersebut. Hal ini tentunya juga akan meningkatkan daya tarik awal yang baik, terlebih lagi jika apa yang anda sampaikan pada daftar isi merupakan poin-poin yang memang dicari oleh pembaca.

Selain manfaat diatas, pembuatan daftar isi ini juga akan memungkinkan postingan tampil lebih menarik di hasil penelusuran mesin pencari. Untuk beberapa kasus, mesin pencari google akan menampilkan daftar isi ini pada hasil pencarian. Hal ini secara bersamaan akan membuat postingan anda terlihat lebih menarik dan profesional.

2. Cara membuat daftar isi di dalam postingan

Masih merujuk pada pengertian daftar isi postingan diatas, ini adalah link yang mengarah ke bagian-bagian tertentu. Dalam hal ini, poin penting yang harus anda ketahui adalah bagaimana cara membuat sebuah link yang mengarah ke bagian tertentu. Adapun secara garis besar, proses pembuatan link ini adalah sebagai berikut:

1. Pertama buat artikel sperti biasa yang berisi sub heading.

Usahakan artikel sudah benar-benar jadi karena saat ini membuat daftar isi hanya bisa dilakukan pada versi edit HTML dan lebih mudah dalam pengerjaan.



2. Buat ID pada setiap sub heading. 

Masuk ke mode HTML kemudian buat id pada sub heading dengan format seperti ini:




<h2 id="HA">Sub Seading A</h2> <h2 id="HB">Sub Heading B</h2> <h2 id="HC">Sub Heding C</h2>

3. Buat list daftar isi.

List daftar isi bisa ditempatkan pada awal, tengah maupun akhir paragraf seperti ini:




<p>Daftar isi</p> <ul><li><a href="#HA">Sub heading A</a></li> <li><a href="#HB">Sub heading B</a></li> <li><a href="#HC">Sub heading C</a></li> </ul>

Keterangan :

Perhatikan pada setiap id. id harus sama dengan list daftar isi. Pada list daftar isi formatnya <a href="#nama-id">Sub Heading</a>. Sedangkan pada sub judul formatnya <h2 id="nama-id">Sub Heading</h2>.

Format daftar isi di blogspot

Untuk percobaan, silahkan copas format daftar isi di bawah ini langsung ke halaman HTML bloger kamu kemudan publish.

Code daftar isi lengkap html

<p>Daftar isi</p> <ul><li><a href="#HA">Sub heading A</a></li> <li><a href="#HB">Sub heading B</a></li> <li><a href="#HC">Sub heading C</a></li> </ul> <h2 id="HA">Sub Seading A</h2> <p>Artikel<p> <h2 id="HB">Sub Heading B</h2> <p>Artikel</p> <h2 id="HC">Sub Heding C</h2> <p>Artikel</p>

Ganti h2 sesuai yang di butuhkan seperti h3, h4 dan seterusnya.

Lihat DEMO

Fungsi daftar isi/link anchor di postingan blog Untuk memudahkan pembaca

Fungsi pertaman yatu untuk memudahkan pembaca blog. Sebenarnya mebuat daftar isi blog postingan blog diutamakan ke blog yang memiliki artikel sangat banyak.

Tujuannya agar pengguna blog dapat menemukan point point bahasan dari setiap sub judul dengan sangat mudah.

Untuk blog yang memiliki artikel kurang dari 600 kata saya rasa daftar ini kurang begitu penting.

Untuk menampilkan stucture Jump to Link di pencarian Google

Jump to link adalah salah satu sructure yang ditampilkan pada halaman pencaraian Google.Dengan membuat daftar isi (link anchor) di postingan, Googel akan menampilkan sub judul di pencarian mereka berdasaran kata kunci yang berhubungan.

Ini berkerja pada platfrom manapun baik blogger maupun WordPress, namun Google perlu waktu untuk mengindeks struktur tesebut.

begitulah cara membuat daftar isi pada postingan blogger. semoga bermanfaat.

Wassalamu'alaikum wr. wb.
Baca Juga

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

• Tinggalkan komentar sesuai dengan topik tulisan.
• Ceklis / Centang Beri Tahu Saya (Supaya saya langsung merespons)

Terima Kasih.......

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Cookie Consent

We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.

Google Translate
Bookmark Post