Note : Kunjungi juga channel youtube saya ... Get now!

Download Modul Ajar SMP/MTs Kurikulum Merdeka

modul ajar Kurikulum merdeka

Apa Itu Modul Ajar ?

Salah satu perangkat ajar dalam kurikulum terbaru yaitu kurikulum merdeka adalah modul ajar.  Modul ajar ialah sejumlah alat atau sarana media, metode, petunjuk, dan pedoman yang dirancang secara sistematis dan menarik.  

Modul ajar ialah merupakan implementasi dari Alur Tujuan Pembelajaran yang dikembangkan dari Capaian Pembelajaran dengan Profil Pelajar Pancasila sebagai sasaran.

Komponen Modul Ajar Kurikulum Merdeka

1. Identitas Modul

Komponen pertama yang harus ada dalam modul ajar yaitu identitas modul. Identitas modul ajar terdiri dari nama penyusun modul, tahun penyusunan modul, institusi penyusun, jenjang sekolah, tingkat kelas, serta alokasi waktu pembelajaran yang sesuai dengan jam pembelajaran di unit kerja. Identitas modul ini memberitahu kepemilikan serta tujuan modul ini untuk siapa.

2. Kompetensi Awal

Dalam modul ajar juga terdapat informasi kompetensi awal yang dimiliki siswa. Kompetensi ini berupa pengetahuan maupun keterampilan yang dimiliki siswa sebelum siswa melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Untuk mengetahui kompetensi awal siswa, guru bisa melakukan asesmen diagnostik atau asesmen yang dilaksanakan sebelum kegiatan pembelajaran. Tujuan dilakukannya asesmen diagnostik yaitu untuk mengetahui kemampuan awal siswa dan membagikan kelompok belajar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Hal tersebut membantu guru dalam mengajar sesuai dengan kebutuhan siswa.

Tujuan mengetahui kompetensi awal juga untuk mengukur hasil dari rancangan modul ajar. Apakah ada kemajuan dalam belajar siswa atau tidak ada perubahan dari kompetensi awal tersebut.

3. Profil Pancasila

Salah satu capaian pembelajaran dalam kurikulum Merdeka yaitu terwujudnya Profil Pelajar Pancasila. Profil pelajar Pancasila ini menjadi tujuan akhir dari kegiatan pembelajaran yang berkaitan dengan pembentukan karakter melalui konten maupun kegiatan pembelajaran proyek.

4. Sarana dan Prasarana

Komponen dalam komputer selanjutnya yaitu sarana dan prasarana berupa alat ataupun materi sebagai penunjang pelaksanaan kegiatan pembelajaran dan sumber bahan ajar yang dibutuhkan siswa. Contoh sarana prasarana yaitu pemanfaatan teknologi dalam kegiatan pembelajaran.

5. Target Peserta Didik

Dalam Modul ajar, ada beberapa kelompok target peserta didik. Pertama, secara umum peserta didik tidak mempunyai kesulitan dalam memahami materi yang akan diajarkan.

Kedua, peserta didik ada yang mengalami kesulitan belajar dikarenakan mempunyai keterbatasan terhadap gaya belajar anak, sulit konsentrasi, sulit memahami materi baru serta tidak percaya diri.

Ketiga, peserta didik memiliki kemampuan pencapaian yang tinggi dan dapat memahami materi dengan cepat hingga mempunyai keterampilan dalam memimpin.

6. Model Pembelajaran

Dalam Modul ajar juga terdapat komponen model pembelajaran atau rangkaian pembelajaran yang menggambarkan sistem pelaksanaan pembelajaran tersebut. Adapun bentuk ada pelajaran yaitu pembelajaran tatap muka atau PTM, pembelajaran secara online serta kombinasi atau blended learning. Model pembelajaran ini akan disesuaikan lagi dengan kebutuhan pelaksanaan pembelajaran di sekolah.

Download Modul Ajar SMP/MTs Kurikulum Merdeka


Modul Ajar Bahasa Indonesia.pdf 500kb
Modul Ajar Bahasa Inggris.pdf 500kb
Modul Ajar Matematika.pdf 500kb
Modul Ajar IPA.pdf 500kb
Modul Ajar IPS.pdf 500kb
Modul Ajar Pendidikan Agama Budha dan Budi Pekerti.pdf 500kb
Modul Ajar Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti.pdf 500kb
Modul Ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.pdf 500kb
Modul Ajar Pendidikan Agama Katholik dan Budi Pekerti.pdf 500kb
Modul Ajar Pendidikan Agama Kristen dan Budi Pekerti.pdf 500kb
Modul Ajar Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti.pdf 500kb
Modul Ajar Pendidikan Khusus.pdf 500kb
Modul Ajar Penjas PJOK.pdf 500kb
Modul Ajar PPKN Tahap I.pdf 500kb
Modul Ajar PPKN Tahap II.pdf 500kb
Modul Ajar Seni Musik.pdf 500kb
Modul Ajar seni Rupa.pdf 500kb
Modul Ajar Seni Tari.pdf 500kb
Modul Ajar Seni Teater.pdf 500kb
Modul Ajar Sejarah Kebudayaan Islam.pdf 500kb

Itulah Beberapa Modul Ajar yang bisa kalian download atau dijadikan sebagai referensi Wassalamu'alaikum wr. wb

Baca Juga
aplikasi, software, tutorial dan video

Anda mungkin menyukai postingan ini

Posting Komentar

• Tinggalkan komentar sesuai dengan topik tulisan.
• Ceklis / Centang Beri Tahu Saya (Supaya saya langsung merespons)

Terima Kasih.......

Masukkan URL Gambar / Cuplikan Kode / Kutipan / tag nama, lalu klik tombol parse sesuai yang sudah anda masukkan. kemudian salin hasil parse dan tempelkan ke kolom komentar.


Cookie Consent

We serve cookies on this site to analyze traffic, remember your preferences, and optimize your experience.

Google Translate
Bookmark Post